Alur Pendaftaran CPNS Yang Sebaiknya Diketahui

Alur Pendaftaran CPNS – Pada setiap pembukaan pendaftaran CPNS dari tahun ke tahun selalu ramai oleh peserta. Hal ini mengindikasikan bahwa PNS atau ASN masih menjadi pilihan yang diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu persaingan cukup tinggi untuk bisa masuk atau lolos dalam penerimaan CPNS.

Selain formasi yang terbatas juga ketatnya seleksi masuk CPNS yang tidak mudah mengharuskan peserta benar-benar harus mempersiapkan diri dengan matang. Apalagi untuk formasi CPNS yang paling diminati tentu akan lebih ketat lagi persaingannya.

Untuk menghindari salah arah dalam melakukan proses pendaftaran CPNS ada baiknya untuk memahami dan mengerti alur pendaftaran CPNS itu sendiri.

Dengan mengerti alur peserta akan lebih mudah untuk dapat menyiapkan apa saja yang dibutuhkan dan kemana harus melangkah.

Adapun yang perlu dipersiapkan saat belum mendaftar ke instansi yang diminati, pastikan pelamar sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diminta untuk pendaftaran. Dokumen dokumen tersebut terdiri dari

1.Kartu Keluarga

2.KTP atau Kartu Tanda Penduduk bisa juga dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berupa Surat Keterangan

3.Ijazah

4.Transkrip Nilai

5.Pas foto

6.Dokumen terkait lainnya disesuaikan atas ketentuan instansi yang dituju

Alur pendaftaran ini dibuat agar peserta dapat dengan mudah mengikuti proses pendaftaran CPNS, dimana alur tersebut dapat di baca pada uraian di bawah ini.

Alur Pendaftaran CPNS sebagai berikut

  1. Peserta seleksi CPNS mengakses portal SSCASN bisa diakses di https://ssscasn.bkn.go.id
  2. Kemudian membuat akun SSCN menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  3. Pastikan Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP dan Tanggal Lahir sesuai KTP
  4. Jikalau peserta ada masalah data KTP dan tidak bisa mendaftar karenanya, dianjurkan menanyakan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP jadi jangan ke instansi ataupun Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
  5. Setelah memiliki akun silahkan gunakan untuk login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  6. Melakukan unggah foto diri dengan cara foto peserta memegang KTP dan kartu informasi akun.
  7. Peserta melengkapi bio data.
  8. Melakukan pemilihan Formasi & Jabatan sesuai pendidikan/
  9. Peserta melengkapi data.
  10. Melakukan unggah dokumen dan cek resume.
  11. Peserta mencetak kartu pendaftaran SSCN.
  12. Melakukan Verifikasi pendaftaran.
  13. Peserta menunggu pengumuman hasil Seleksi Administrasi
  14. Bila tidak lolos seleksi administarasi ada masa Sanggah untuk melakukan sanggahan dan setelah itu menungu pengumuman hasil sanggahan
  15. Setelah lolos seleksi administrasi peserta mengikuti tes Seleksi
  16. Menunggu pengumuman Kelulusan

Peserta seleksi CPNS hanya boleh diperkenankan untuk melamar 1 jabatan di 1 jenis formasi baik itu Formasi Umum atau melalui Formasi Khusus Lulusan Terbaik (cumlaude) atau Formasi Khusus Putra-Putri Papua dan Papua Barat atau Formasi Khusus Disabilitas/Formasi Diaspora/Formasi Tenaga Keamanan Siber) dalam 1 instansi.

Demikian alur pendaftaran CPNS secara umum yang harus dipahami sehingga dapat dengan mudah mengikuti proses pendaftaran CPNS.